Tembang MOCOPAT perwujudan perjalanan manusia selama di dunia

1. Maskumambang
Proses kemambangnya nyawa yang ditiupkan kedalam raga manusia ketika masih dalam kandungan ibu tepat berumur 4 bulan dalam rahim. Ketika raga sudah dimasuki sukma maka akan tumbuh dan berkembang selama 9 bulan lebih 10 hari.

2. Mijil
Setelah proses penggodokan didalam rahim ibu kemudian mijil (keluar)  berwujud laki laki atau perempuan biasa disebut (bayi).

3. Kinanthi
Bayi akan tumbuh dan terus berkembang menjadi kinanthi (anak anak kecil) yang mempunyai sikap jujur dan penuh kelucuan karena sikap lugunya.

4. Sinom
Selanjutnya akan tumbuh menjadi anak muda (cah enom). Mempunyai sifat nakal dan sulit dikendalikan.. karena kelabilan dan proses pencarian jati diri.

5. Asmorondono
Setelah melewati masa muda dilanjutkan mulai mengenal asmara (percintaan) ditandai keterkaitan dengan lawan jenis dan alat alat reproduksi mulai berfungsi secara sempurna.

6. Gambuh
Yaitu jumbuh (menikah) mulai memilih pasangan untuk hidup bersama..  kedewasaan tahap awal. Membina keluarga

7. Dandang gula
Mengenal pahit manisnya kehidupan dandang (pahit) gula (manis) menikmati pahit manisnya kehidupan dalam berkeluarga.

8. Durma
Sudah mulai sadar akan darma bakti kepada sesama manusia, tuhan, dan alam (kesadaran mendalam)

9. Pangkur
Mungkur (menjauhi kepentingan dunia) dan mulai mementingkan kepentingan aherat.. ditandai dengan tumbuhnya rambut putih dan lepasnya gigi dari gusi.

10. Megatruh
Proses pegat (terpisahnya ruh dari raga) proses kematian.

11. Pucung
Mayat tanpa roh tiada gunanya yang kemudian dipocong dan dikembalikan ke asalnya yaitu tanah (kubur).

Mayat yang dikubur akan menjadi saripati tanah lagi dan diserap oleh tumbuhan. Kemudian tumbuhan akan berbuah dan buah akan dimakan manusia menjadi sel telur / seperma dan kemudian ketika bertemu di rahim ibu dan akan kembali menjadi manusia lagi.. dapat kita simpulkan dari proses diatas maka akan terjadi perputaran kehidupan bahasa lain reinkarnasi.
Apakah benar reinkarnasi atau sebenarnya bagaimana..?
Nantinya akan kita bahas mendalam tentang kesempurnaan hidup, moksa, nitis, atau kembali kepada dzat sang pencipta.. surga, neraka, ngunduh woheng pakarti..
Di postingan berikutnya..

Salam sejahtera.

Comments

Popular posts from this blog

Perbedaan Siro dan ingsun

Angon Angen Lumantar Angin

Perjalanan Mencapai MOKSA